Bupati Pegunungan Arfak Buka Rembug Stunting

19 September 2020


Anggi- Dalam rangka mendukung upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Pegunungan Arfak, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pegunungan Arfak menggelar rembuk stunting tahun 2020, Jum'at (18/9/2020).

Rembuk stunting yang mengambil tema Strategi Konvergensi Penanggulangan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Pegunungan Arfak, dibuka oleh Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, SH., MH.

Kegiatan rembuk stunting kali ini diikuti dari berbagai unsur yang menjadi pemangku kepentingan pencegahan stunting di Kabupaten Pegunungan Arfak.  

Kepala Bappeda Kabupaten Pegunungan Arfak, Jatmiko Nugroho Iryanto, mengungkapkan, di Kabupaten Pegunungan Arfak terdapat beberapa kasus stunting namun datanya belum akurat. Rembuk Stunting yang dilaksanakan saat ini merupakan tahapan dari pelaksnaan intervensi pencegahan dan penurunan stunting secara terintegrasi, yaitu dengan tujuan membangun komitmen publik. Serta mendeklerasikan komitmen pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya intervensi penurunan stunting di kabupaten Pegunungan Arfak.

"Melalui kegiatan rembuk stunting ini kami harapkan dapat menghasilkan inovasi program dan kesamaan pandangan atau persepsi sehingga program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah termasuk kampung dapat dilakukan secara terintegrasi dan bersinergi serta tepat sasaran," kata Jatmiko.

Sementara itu, Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy dalam sambutannya menjelaskan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Penanganan stunting tidak hanya tugas bidang Kesehatan, tetapi juga menjadi tugas bersama, baik dari sisi penyediaan pangan yang bergizi, kualitas sanitasi, lingkungan bersih, dan beberapa hal lain yang menunjang atau mendukung intervensi pencegahan dan penurunan stunting. Penyelesaikan penurunan stunting tidak dapat dilaksnakan dalam waktu yang singkat. Untuk itu perlu dilakukan komitmen bersama agar penanganan dilakukan terus menerus dan berkesinambungan.

Tujuan kegiatan ini adalah mencanangkan dan membangun komitmen bersama para pemangku kepentingan dalam membangun Sumber Daya Manusia di Kabupaten Pegunungan Arfak. Selain itu sosialisasi, edukasi dan sekaligus memantabkan koordinasi, komunikasi dan sinergi dalam konvergensi percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Pegaf.(*)



Kembali